13 Sep 2008
Mentok

"Anjaaanngg ... tadi di lumahnya Mas Andi ada powlis" dari luar rumah adek Abil berlari kedalam hanya ingin menceritakan si powlis padaku.

"Powlis ... ? apa itu dek ?" tanyaku dengan keheranan & berpikir keras apa sih yang dimaksudkan adek Abil dengan powlis.

"Iya ... tadi adek liat powlis di lumahnya Mas Andi" jawab adek Abil dengan bahasa cedalnya.

"Apa sih dek powlis itu ?" tanyaku lagi dengan penasaran.

"Maksudnya di rumahnya Mas Andi ada polisi ?"

"laen ... " jawab adek.

"Ooooo ... di rumahnya Mas Andi ada kursi baru ?" tanyaku dengan asal.

"laen ... " kali ini adek menjawab dengan nada jengkel. (hehehehehe .... adek yang ngomongnya gak jelas, kok malah dia yang jengkel ... :) ). Harusnya aku dunk yang sedikit frustasi karena gak tau apa yang dimaksud adek. Dengan bahasa cedalnya, kadang otakku suka gak connect or kadang downloadnya lama klo dia lagi cerita sesuatu).

Mas Qolbi yang denger ribut2 antara aku & adek langsung ikutan nimbrung, kemudian dia yang menjelaskan padaku apa itu powlis (memang mas Qolbi yang paling mengerti bahasa cedalnya adek Abil).

"Powlis itu mentok ..." ujar mas Qolbi.

"Tadi pagi ibunya mas Andi beli mentok, trus sama mas Andi dikasih nama Powlis, katanya nanti mau dipotong pas lebaran" mas Qolbi berusaha menjelaskan padaku.

"Ooooo ... hahahaha :D" spontan aku langsung tertawa (ups ... segera kututup mulutku dengan tangan). Sungguh jawaban yang tak kuduga, udah capek2 berpikir keras mencari kata apa yang mendekati kata powlis. Gak taunya jawabannya bebek (ternyata si powlis ini seekor bebek). Kenapa juga si Andi ngasih nama bebeknya powlis ? apa mungkin Andi berharap supaya bebeknya ini klo sudah besar nanti jadi seorang polisi -polisi bebek- ya ? hihihihi ... :D lucu juga.

"Jadi si powlis itu mentok ... ?" tanyaku kembali pada adek.

"Iya ..." jawab adek dengan tersipu2 malu & tersenyum dengan polosnya.

Setelah itu mulai dech perbincangan "dunia hayal" mengenai bebek antara mas Qolbi & adek Abil. Aku jadi tersenyum2 sendiri & bertanya2 dalam hati, kenapa ya anak2 kecil suka berkhayal & hiperbola banget klo bercerita ?


Note :
Bagi yang belum tau atau mengenal apa itu mentok, begini penjelasannya :
Mentok --> dibacanya seperti klo kita membaca kata "lele", bukan seperti klo kita membaca "lemari" (nanti artinya jadi buntu).
Mentok --> adalah bahasa Jawa dari hewan bebek (nah, klo bebek pasti udah pada tau kan ... ? seperti donald bebek, desi bebek, gober bebek, etc. Jadi, sah2 aja ya klo Andi ngasih nama bebeknya Powlis -jadinya powlis bebek- ... hihihihi ... :D ).











Label:

posted by Utami @ 22.33  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
 
About Me


Name: Utami
Home: Balikpapan, Indonesia
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates