10 Nov 2008
MTGW - Hero
"Mario Teguh - Golden Ways" minggu ini mengambil tema "HERO".

Beberapa hal yang telah disampaikan oleh Pak Mario, antara lain :

"Pengertian pahlawan (hero) yang dibicarakan dalam topik ini adalah para pahlawan yang dalam keseharian kita adalah pribadi2 yang sama khawatirnya (sama takutnya) dengan kita, tetapi mereka memilih memberanikan diri bagi kebaikan hidup orang lain."

"Apabila kita kaya raya, berwenang, berpenampilan bagus, luwes bicara, ada modal, ada teknologi, lalu berhasil. Apakah itu adalah suatu kewajaran ? Kita disebut berhasil karena ada hambatan (ada halangan). Sebagian orang terhentikan karena hambatan, karena itu adalah yang menghalangi perjalanannya. Sebagian orang menggunakan hambatan itu untuk naik, sehingga hambatan itu menjadi batu pijakan."

"Keraguan orang adalah tanda bahwa kita tidak cukup tampil berwibawa (seperti militer atau polisi yang menggunakan seragam). Seragam/penampilan itu harus mewakili sebuah tujuan, klo penampilan kita mewakili sebuah tujuan menjadikan kehidupan orang lebih baik, maka tidak akan ada orang yang berkomentar mengecilkan. Jadi klo orang masih meragukan, berarti kita belum cukup kuat untuk membangun penampilan yang mewakili sebuah tujuan. Maka gagahkanlah diri kita, bangun proses itu sampai pelan2 mereka tidak lagi meragukan kita."

"Hambatan adalah jalan terpendek. Apakah ada jalan lebih pendek daripada menembus hambatan ? Jadi klo ada halangan, jangan cari jalan melingkar atau jangan mundur. Jadi pikirkan cara terbaik melampuinya/menembusnya."

"Keberanian adalah kesediaan untuk melakukan yang kita takuti. Sehingga orang yang berani harus terlebih dahulu takut". Itu sebabnya salah satu definisi kita bagi keberanian adalah kesediaan untuk melakukan sesuatu, misalnya meskipun kita tidak punya uang, ibunda kita bersungguh2 membesarkan semangat kita agar menjadi siswa/mahasiswa/pegawai & pebisnis yang super. Meskipun mungkin kekurangan ayahanda kita membesarkan dan meneladankan sikap seorang perwira. Jadi keberanian yang sebenarnya adalah keberanian yang dibutuhkan untuk hidup dengan penuh."Memang harus ada keprimaan, harus ada bukti dari sebuah keprimaan yang dilakukan oleh para pahlawan. Mereka sebetulnya adalah orang2 yang biasa, sama seperti kita. Memiliki keraguan/kekhawatiran dan kekurangan2 masing2, tetapi mereka memilih berfokus kepada sesuatu yang hebat & menghebatkan orang lain."

"Diantara para semut, akan ada semut yang luar biasa. Dan diantara para gajah, akan selalu ada gajah yang menyedihkan." Jadi, klo begitu pilihlah menjadi pribadi yang luar biasa dimanapun kita berada. Karena para pahlawan mencapai hasil2 yang luar biasa dengan mendayagunakan apapun yang biasa, yang ada dalam diri dan ligkungannya.

"Semangat adalah target bergerak, anda tidak bisa mencapai semangat yang tinggi lalu berharap besok pagi semangat masih ada." Semangat membutuhkan pembaruan, dia target yang bergerak, kita harus menjaga bidikan kita tetap padanya. Semua pilihan pikiran kita, sikap kita dan tindakan kita agar kita mencapai kekuatan yang memungkinkan itu. Semangat adalah pembeda bagi digunakannya kemampuan yang membuat kita berhasil. Bukan kemampuan tapi penggunaan dari kemampuan. Penggunaan dari kemampuan itu kekuatannya ditentukan oleh kesungguhan yang ada di hati anda. Jadi, apabila anda temui orang sederhana yang menghasilkan sesuatu yang besar bagi tetangganya. Dia adalah orang2 yang telah berhasil mengelola semangatnya untuk menjadikan yang biasa sebuah berkah bagi lingkungannya.

"Lebih baik hidup pendek tapi cemerlang, daripada hidup redup sepanjang hidup yang belum tentu panjang."

Salah satu pertanyaan dari Choky (host acara MTGW), yaitu : "Apa arti hidup yang tidak biasa, tetapi memiliki sikap yang biasa (totalitas kita dalam hidup ini) ?

Dan penjelasan dari Pak Mario adalah : "Sebetulnya tidak ada hidup yang setengah2 (seperti kita tidak mungkin memesan nasi goreng setengah matang). Hidup ini adalah anda terlibat sepenuhnya atau tidak. Orang2 yang memutuskan tidak terlibat akan dipaksa terlibat oleh orang lain, baik itu sebagai pelaksana, sebagai pesuruh bahkan sebagai pelengkap penderita. Maka libatkanlah diri anda dengan sepenuhnya."

Karena : "Anda tidak mungkin berbahagia, apabila anda tahu bisa terbang seperti elang, tetapi sekarang sedang melata & merayap. Apabila anda elang, terbanglah ...... ambil pilihan untuk menjadi pribadi sebagaimana anda dilahirkan." Keberhasilan adalah hak kelahiran kita ..... maka ambillah !!!!!"

Salah satu pertanyaan dari seorang penelpon di rumah, yaitu : "Apakah seorang pahlawan membutuhkan pengakuan ?"

Jawaban dari Pak Mario adalah : "TIDAK", karena pemberian yang tulus tidak pernah mengharapkan terima kasih. Tetapi bagi seorang ayah, dia adalah pahlawan bagi anaknya apabila mata anaknya berbinar2 menyambut ayahnya, maupun istrinya berbinar2 matanya kala menyambut suaminya. Karena banyak anak, klo menyambut ayahnya, dia lihat dari jendela lalu bilang "Iiihhh ... dia lagi ...". Anak merasa ketakutan karena ayahnya tidak mendatangkan kebahagiaan klo dia pulang. Jadi, mungkin bukan meletihkan diri untuk dipuji. "Apakah anda akan bekerja keras bila tidak dipuji ?" jawabannya "ya", karena anda tidak membutuhkan kerja keras untuk melatih diri anda menjadi orang yang hebat. Bekerja itu yang diuntungkan pertama kali adalah diri kita. Yang melakukan kebaikan bagi dirinya, hadiah pertamanya adalah kebaikan. Jadi, pastikan orang2 yang bertemu dengan anda matanya bersinar2, tersenyum lalu bilang "Jadilah teman saya ... untuk MKLL (Minum Kopi Lambat-lambat)". Untuk menjadi orang yang seperti itu haruslah orang yang menyenangkan untuk kita ajak minum kopi lambat2.

KESIMPULAN dari seluruh pemaparan tersebut yakni :

"Mulai dari sekarang ... setiap kali anda bertemu orang, berpihaklah pada harapan2 baik orang lain. Lalu perhatikan apa yang terjadi ..."

Label:

posted by Utami @ 08.49  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
 
About Me


Name: Utami
Home: Balikpapan, Indonesia
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates