17 Nov 2008
bacaan minggu ini
Beberapa buku yang aku baca minggu ini antara lain :

1) KISAH 47 RONIN - by John Allyn



Penerbit : Matahati (cetakan pertama, Maret 2007)


"Pembalasan dendam mantan Samurai atas kematian majikannya"


"Among flowers, the cherry blossom; Among men, the samurai" ~Pepatah Jepang~


Sinopsis :


Di awal abad ke-18, Jepang dilanda kekacauan. Pada masa itu, istana Shogun yang berada di Edo (sekarang Tokyo), marak dengan pameran kemewahan, korupsi, serta pesta pora di kota tua Kyoto. Sama sekali jauh dari aturan sosial. Kesenian makin berkembang; teater populer mulai lahir. Dengan makin berkuasanya klas pedagang, masa itu juga merupakan awal dari berakhirnya pengaruh prajurit bayaran, atau samurai. Hilangnya pengaruh ini sangat mereka rasakan, terutama karena para samurai sangat membenci segala bentuk usaha yang bertujuan mencari keuntungan.


Di tengah perubahan yang membingungkan itu, kekacauan sering muncul. Kekacauan utama terjadi akibat petani dikenakan pajak di luar batas kemampuan mereka oleh Shogun, penguasa di seluruh Jepang. Samurai jarang sekali menimbulkan kekerasan, suatu sikap yang merupakan bentuk penghormatan atas tingginya latihan serta disiplin mereka.


Namun bahkan seorang samurai pun memiliki batas kesabaran. Khususnya bagi seorang daimyo muda yang terpaksa harus berurusan dengan tradisi istana yang sama sekali tak bermanfaat.


Tahun 1701, suatu peristiwa terjadi di Istana Shogun di Edo. Dalam keadaan marah dan kecewa, seorang daimyo muda - Lord Asano dari Ako - menyerang pejabat Istana yang korup sehingga dia dipaksa melakukan seppuku.


Para pengikut Lord Asano yang dipimpin oleh Oishi merencanakan balas dendam bila petisi mereka ditolak. Namun, waktu berlalu tanpa ada kepastian sehingga terjadi serangkaian peristiwa yang berakhir dengan balas dendam paling berdarah dalam sejarah kekaisaran Jepang.


Peristiwa ini mengejutkan seluruh negeri dan Shogun pun mengalami kebuntuan hukum dan moral. Ketika semuanya berakhir, Jepang memiliki pahlawan baru - yaitu empat puluh tujuh ronin (mantan samurai) dari Ako.


Fakta sejarah atas tindakan mereka sangat jelas; tapi keterangan rinci tentang peristiwa itu sangat kabur. Berbagai versi telah dikisahkan dalam bentuk lagu, cerita, drama dan film.


Buku ini dimaksudkan untuk menyampaikan sebuah catatan tentang apa yang mungkin terjadi di masa itu, ketika Jepang dikucilkan oleh dunia dan tradisi lama masih mengatur kehidupan manusia.



2) THE QUEEN OF THE DEAD - by Nick Drake



Penerbit : Dastan (Cetakan 2, Desember 2007)


"Nefertiti : Ratu Mesir, Dewa Matahari & Penguasa Dua Dunia"


"Wahai hati warisan ibuku, Wahai hati warisan tanah leluhur, janganlah menentangku sebagai saksi di hadapan Yang Maha Kuasa" ~The Book of the Dead~


Sinopsis :


Kota modern pertama dalam sejarah manusia hendak diresmikan. Agama baru akan dikukuhkan. Namun sang Ratu menghilang tanpa jejak. Sesosok mayat wanita tanpa wajah ditemukan. Pembunuhan demi pembunuhan berlangsung silih berganti. Imperium Mesir di ujung tanduk ...


Nefertiti, wanita paling berkuasa dalam sejarah, adalah Ratu Mesir, istri dari Akhenaten sang Firaun yang memerintah dari tahun 1353 hingga 1335 Sebelum Masehi. Dibawah kendali suami-istri ini, masyarakat Mesir menjadi masyarakat modern pertama yang tercatat sejarah. Ibu kota modern dibangun, agama baru Dewa Matahari diperkenalkan. Tapi di tengah ingar bingar kemjuan itu, Nefertiti menghilang dan dikhawatirkan telah dibunuh. Bila benar, kematian Nefertiti bakal mengubah peta kekuasaan di Mesir.


Karena mencurigai adanya konspirasi di balik peristiwa ini, Akhenaten memerintahkan Rahotep - kepala detektif muda dengan reputasi cemerlang - untuk melakukan investigasi. Rahotep punya wakti sepuluh hari untuk mengembalikan sang Ratu sebelum festival peresmian ibu kota dan agama baru. Bila gagal, kekuasaan Akhenaten dan Nefertiti yang menbentang dari Afrika hingga Timur Tengah terancam runtuh. Nyawa Rahotep dan keluarganya pun akan melayang ...


Catatan Penulis :


Tiga ribu lima ratus tahun lalu, Akhenaten mewarisi sebuah kerajaan yang tengah berada di puncak kekuatan dan kejayaan internasionalnya. Zaman puncak keemasan dan keindahan sekaligus kebobrokan serta kekerasan. Saat itu ada sebuah satuan kemanan kerajaan bernama Medjay dengan segudang arsip papirus utnuk memata-matai rakyat. Para penguasa hidup berpesta pora menikmati perburuan dan skandal asmara, di samping banyak menghamburkan uang pada persiapan setelah kematian. Strata sosial dipenuhi jenjang karier di bidang birokrasi dan tenaga buruh dalam jumlah amat besar, meliputi warga lokal maulun imigran. Kompleksitas masyarakat ini sangat bergantung pada Sungai Nil yang berkelok membelah gurun bagai ular raksasa, mengubah Mesir yang kita kenal sekarang menjadi Tanah Hitam yang subur dan Tanah Merah yang tandus.


Akhenaten adalah raja yang terpilih untuk membuat mukjizat dengan kekayaannya. Bersama istrinya, Nefertiti sang Sempurna, ia memulai sebuah periode revolusi besar-besaran di bidang agama, politik, dan seni. Periode ini memberlakukan penolakan serta larangan terhadap institusi-institusi tradisional dan dewa-dewa kuno Mesir, juga menantang kekuasaan kaum pendeta tinggi. Di atas semua ini, mereka membangun sebuah kota baru nan megah bernama Akhetaten sebagai pusat penyelenggaraan keyakinan baru. Di jantung kota ini, pemujaan terhadap dewa tunggal Aten diselenggarkan, dewa yang dilambangkan oleh matahari.


Sekarang kota ini hanya bersisa puing. Di luar batas kota Amarna, Anda masih bisa meniti bekas-bekas jalan utama kerajaan, berbagai istana dan kuil-kuil Aten. Anda bisa mendaki bukit makam tokoh-tokoh besar yang bekerja untuk Akhenaten dan Nefertiti, seperti Mahu - Kepala Medjay, lalu ada Meryra - Pendeta Agung Parennefer - arsitek yang menyebarluaskan gaya arsitektur Amarna, Juga Ay - Bapak Para Dewa sekaligus Penasihat Agung Kerajaan. Anda juga bisa meniti ribuan anak tangga, turun ke kamar-kamar kosong makam dinasti Akhenaten.


Satu yang tak bisa dikunjungi adalah pusara Nefertiti. Wanita paling berkuasa dan karismatik pada jamannya itu menghilang secara misterius pada tahun ke-12 dari tujuh belas tahun pemerintahan Akhenaten. Mengapa ia menghilang dan apa yang sebenarnya terjadi adalah misteri yang hendak dijelajahi kisah ini.



3) THE MEDICI DAGGER (Belati Medici) - by Cameron West



Penerbit : Gramedia (Cetakan kedua, Juli 2007)


Sinopsis :


Kecuali Tuhan dan tukang roti, semua orang di Itali tertidur lelap pada malam panas bulan Agustus itu, saat penemuan besar terjadi. Semua orang ... kecuali sang penemu, yang berdiri menjauhi tungku api yang memancarkan panas. Di telapak tangannya ia memegang sebilah belati yang mulai mendingin dan amat sangat ringan, hampir tak berbobot. Matanya memandang takjub. Mata belati yang tajam itu berkilat-kilat memantulkan sinar kekuningan dan bulir-bulir keringat bagaikan butir-butir buag beryy bergelantungan di ujung bulu pergelangan tanga lelaki itu.


Belati itu diletakkan di penjepit dengan ujung runcingnya menghadap ke atas. Lalu lelaki itu mengangkat palu besar dan memukulkannya sekuat tenaga ke ujung runcing belati itu. Kepala palu yang terbuat dari besi itu terbelah dua bagaikan semangka. Dengan kemampuan akalnya yang tergolong istimewa, lelaki itu mencoba mencerna mukjizat yang terjadi di depan matanya. Hanya ada satu jawaban. racikan bahan yang ia tambahkan pada campuran logam percobaannya!


Dengan mata menerawang ke luar jendela, ke arah langit, sang jenius memeikirkan pertanyaan yang lebih mendalam lagi. Penemuannya akan digunakan untuk kebaikan atau kejahatan ? Sambil mengamati percikan api dari cerobong tungku apinya yang beterbangan ke langit, pria dari Vinci ini mengambil keputusan.


Dan lima abad telah berlalu.


Reb Bennett, Stuntman Hollywood, hidup dengan menghindari mimpi buruk masa lalunya - sampai ada telepon dari orang tak dikenal yang menariknya dari kehidupan ilusi perfilman dan membawanya ke Itali dalam perburuan yang penuh bahaya dan kekerasan nyata. Reb mencari Lingkaran-Lingkaran Kebenaran, peta bersandi dari abad kelima belas, yang menunjukkan keberadaan Belati Medici. Sebilah senjata yang sangat ringan, tidak dapat rusak, dan tak ternilai harganya bagi pabrik senjata. Bagi Reb, Belati itu satu-satunya penghubung ke kematian ayahnya yang mencurigakan bertahun-tahun lalu. Namun mencoba mengurai sandi itu berarti bergelut dengan kecerdasan Leonardo. Dan bertahan hidup berarti mengelak dari pembunuh-pembunuh yang memburu impian Reb.


Pencarian karya Leonardo Da Vinci yang paling berguna - namun juga paling berbahaya.



4) A THOUSAND SPLENDID SUNS - by Khaled Hosseini



Penerbit : Qanita (Cetakan IV, Maret 2008)


"Siapapun takkan bisa menghitung bulan-bulan yang berpendar di atas atap, ataupun seribu mentari surga yang bersembunyi di balik dinding" ~puisi dari Saib-e-Tabrizi~


Sinopsis :


"Hati pria sangat berbeda dengan rahim ibu, Mariam. Rahim tak akan berdarah ataupun melar karena harus menampungmu. Hanya akulah yang kaumiliki di dunia ini, dan kalau aku mati, kau tak akan punya siapa-siapa lagi. Tak akan ada siapapun yang peduli padamu. Karena kau tidak berarti."


Kalimat itu seringkali diucapkan ibunya setiap kali Mariam bersikeras ingin berjumpa dengan Jalil, ayah yang tak pernah secara sah mengakuinya sebagai anak. Dan kenekatan Mariam harus dibayarnya dengan sangat mahal. Sepulang menemui Jalil secara diam-diam, Mariam menemukan ibunya tewas gantung diri.


Sontak kehidupan Mariam pun berubah. Sendiri kini dia menapaki hidup. Mengais-ngais cinta di tengah kepahitan sebagai anak haram. Pasrah akan pernikahan yang dipaksakan, menanggung perihnya luka yang disayatkan sang suami. Namun dalam kehampaan dan pudarnya asa, seribu mentari surga muncul dihadapannya.


Intinya, buku ini bercerita tentang pengorbanan & perjuangan hidup seorang wanita dalam mencari kebahagiannya. Cerita yang sangat menyentuh di tengah peperangan, kelaparan & anarkisme.

Label:

posted by Utami @ 09.20  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
 
About Me


Name: Utami
Home: Balikpapan, Indonesia
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates