12 Agu 2008
Petualangan Tin Tin (edisi baru ...)


Buku komik serial "Petualangan Tin Tin" akhirnya diterbitkan lagi oleh Gramedia (komik yang dulu klo gak salah penerbitnya Indira). Seneng banget dengernya :z .... jadi inget jaman dulu waktu masih SD (si Tin Tin jadi salah satu bacaan favoritku selain 5 Sekawan). Sayang, koleksi bukuku udah gak tau lagi dimana keberadaannya. Sekarang pengin ngoleksi lagi, sekedar refresh tentang si Tin Tin ..... (sementara ini aku baru baca 3 serinya yang berjudul Cerutu Sang Firaun, Pulau Hitam & Tongkat Ottokar)

Agak kecewa sedikit sih, soalnya ukuran komik yang sekarang lebih compact alias mini (bacanya jadi agak susah & harus lebih konsentrasi, abis tulisannya jadi ikutan mini ..... hehehehehe :D ).

Sedikit flashback mengenai si Tin Tin :


Kisah PETUALANGAN TINTIN, si wartawan berjambul dan anjingnya, Milo, ini telah memukau berbagai kalangan dari segala usia dan diterbitkan dalam 40 bahasa di seluruh dunia. Di negara asalnya, Belgia, Tin Tin mulai terbit sebagai cerita bergambar dalam majalah "Le Petit Vingtieme", sebelum akhirnya tampil sebagai buku sejak tahun 1945. Bisa dibilang PETUALANGAN TIN TIN adalah tonggak bersejarah dalam dunia komik internasional. Dalam kisah-kisah petualangan Tin Tin dan Milo ---yang kemudian juga ditemani oleh Kapten Haddock, sang ilmuwan Lakmus, serta si kembar Dupont & Dupond--- pembaca bukan hanya diajak keliling dunia, tapi juga dibawa menelusuri sejarah serta politik sejak tahun 1940-an sampai 1980-an. Tin Tin justru bisa menjadi bacaan anak-anak yang sangat menarik, karena penuh adegan lucu serta pelajaran moral kebaikan vs kejahatan yang sangat penting.

Serial komik ini sangat digemari karena gaya gambarnya yang bersih tapi ekspresif dan didasarkan pada riset yang mendalam oleh pengarangnya, yang terbagi atas aliran : petualangan dengan elemen fantasi, misteri, politik dan sains fiksi. Kisah Tin Tin juga selalu menampilkan humor slapstick yang mengomentari tentang politik/budaya pada suatu negara atau suatu masa.

Tentang Penulis :
Georges Propes Remi (22 Mei 1907 - 3 Maret 1983) adalah nama asli Herge, komikus yang berasal dari Belgia ini. "Herge" merupakan pengucapan dalam bahasa Prancis untuk "R.G.", inisialnya yang dibalik. Karyanya yang paling terkenal adalah serial Petualangan Tin Tin, yang dikerjakannya dari tahun 1929 sampai ia meninggal pada tahun 1983. Les Aventures de Tintin Reporter du Petit Vingtieme Au Pays des Soviets (Petualang Tintin Wartawan Le Petit Vingtieme di Tanah Sovyet) adalah judul pertama yang diterbitkannya pada tahun 1929. Sedangkan judul terakhir adalah Tintin et L'Alph Art (Tintin dan Alpha-Art), yang diterbitkan hanya berupa kumpulan sketsa dan catatan pada tahun 1986 karena Herge berkeras Tintin tidak boleh dikerjakan oleh orang lain.

Beberapa judul serial Petualangan Tin Tin yang diterbitkan oleh Gramedia antara lain : Petualangan Tin Tin di Tanah Sovyet, Petualangan Tin Tin di Congo, Petualangan Tin Tin di Amerika, Cerutu Sang Firaun, Lotus Biru, Si Kuping Belah, Pulau Hitam, Tongkat Ottokar, Kepiting Bercapit Emas, Bintang Misterius, Rahasia Unicorn, Harta Karun Rackham Merah, 7 Bola Kristal, Petualangan Tin Tin di Kuil Matahari, Tin Tin di Negeri Emas Hitam, Perjalanan ke Bulan, Petualangan di Bulan, Penculikan Lakmus, Laut Merah, Petualangan Tin Tin di Tibet, Permata Castafiore, Penerbangan 714 ke Sydney, Tin Tin dan Picaros, Tin Tin dan Alpha-Art.



Label:

posted by Utami @ 14.29  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
 
About Me


Name: Utami
Home: Balikpapan, Indonesia
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates